Membuat Automatic Post Excerpt (Post Teaser) tanpa Plugin di wordpress

Sabtu, 22 Juni 20130 komentar

Kali ini saya akan membahas mengenai post teaser atau post excerpt. Post teaser atau post excerpt adalah penggalan singkat dari sebuah post yang digunakan sebagai headline atau penggoda dari tema posting secara keseluruhan. Post teaser ini biasanya digunakan di halaman depan, arsip ataupun kategori dengan batasan jumlah karakter tertentu. Bagi pengguna wordpress, sobat bisa menggunakan plugin post teaseryang memiliki fitur ini. Namun jujur saya kurang merekomendasikan plugin ini karena selain harus menggunakan plugin tambahan, kemampuan teaser dan pembatasan karakternya masih tak beraturan terutama jika terdapat pemotongan paragraf dan attachment gambar.
Berbeda dengan posting mengurangi plugin sebelumnya seperti Membuat Page Navigationatau Minify html, javascript dan CSS dimana saya memanfaatkan plugin buatan yang kemudian diadaptasi dan diterapkan mandiri tanpa plugin. Fungsi Automatic Post Excerpt atau Post Teaser ini sebenarnya merupakan fitur bawaan yang sudah built in pada wordpress. Namun karena kebanyakan pengguna wordpress cenderung terpaku pada bawaan theme atau template yang tidak semuanya memanfaatkan fungsi excerpt, sehingga fungsi excerpt ini sendiri terlupakan.
Berikut adalah beberapa kode default yang umum digunakan untuk memanggil fungsi bawaan asli dalam engine wordpress:
<?php the_content( ); ?> : Berfungsi untuk memanggil content post
<?php the_category' , ' ); ?> : Berfungsi untuk memanggil content category
<?php the_tags( ', ' ); ?> : Berfungsi untuk memanggil content tags
<?php wp_get_archives'type=monthly '); ?> : Berfungsi untuk Arsip bulanan
<?php comments_template( ); ?> : Berfungsi untuk memanggil form komentar
Masih banyak lagi kode-kode bawaan asli wordpress yang dapat kita kenali dengan mudah, atau silahkan baca pula kompilasi 20 kode pilihan wordress. Termasuk fungsi excerpt atau teaser inipun sudah ada dan built in di dalamnya. Adapun kode yang digunakan untuk excerpt adalah
<?php the_excerpt( ); ?> atau
<?php echo strip_tags(get_the_excerpt); ?>
Nah, sudah mulai bisa ditebak bukan? Ya, untuk membuat Automatic Post Excerpt/ Teaser kita cukup menambahkan kode di atas (kode terakhir). Kenapa saya sebut “Automatic”? Karena kita akan hack template theme yang kita gunakan, sehingga kapanpun kita membuka blog kita (yang sudah ditambahkan kode tadi) maka semua post akan di-excerpt secara otomatis oleh theme. Tentunya trik ini sangat membantu karena kita tidak harus membuat excerpt setiap kali posting sebuah tulisan karena sudah dihandle theme itu tadi.
Adapun caranya sangat mudah, buka file index.php dan archive.php pada tema, lalu hapus kode <?php the_content( ); ?> (kode yang memanggil post secara keseluruhan) digantikan dengan <?php the_excerpt( ); ?> (yang memanggil excerpt saja). Sebagai contoh ilustrasinya pada tema kira-kira seperti ini :
<div class =“post_entry”>
     <?php the_excerpt( ); ?>
          </div>
Gimana, gampang bukan? Oya, adapun untuk banyaknya jumlah word count (jumlah kata atau karakter) teaser/ excerpt ini secara default adalah 55 . Jika ingin mengurangi atau menambah karakter ini, bisa diubah / hack file formatting.php, cari pada directory wp-includes/formatting.php. Atau selain itu juga bisa ubah tanda [...] dengan menambahkan link read more / baca selengkapnya dengan menambahkan atribut the_permalink. OK deh segitu aja dulu, kalau ada yang masih bingung atau kurang jelas silahkan ditanyakan. Tapi kalo sudah paham mari beranjak ke hacking theme wordpress selanjutnya dengan Membuat Related Post (Artikel Berkaitan) tanpa Plugin.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Zv-eLite | TipSeoFriendly | Top Five
Copyright © 2011. Tips Buat Blogger - All Rights Reserved
Template Created by Zv-eLite .com Published by Septa Praseya Hanafi
Proudly powered by Blogger