Cara Memperbanyak Pengunjung Blog

Sabtu, 14 Desember 20130 komentar

Memang benar bahwa salah satu cara meningkatkan pengunjung blog adalah dengan menampilkan artikel posting di halaman pertama google. Untuk itu kita perlu mendapatkan banyak backlink dan menulis artikel yang menargetkan keyword populer yang ramai pencari. Mengapa demikian ? dan apa yang harus dilakukan.

Blog saya sendiri memang kekurangan backlink. Tau kenapa ? karena saya sendiri kurang giat dalam mencari backlink. umur blog saya sendiri sudah berumur 1 tahun tapi hanya mendapat 14 backlink , itu cukup wow dan sangat mengenaskan. Setidaknya untuk umur situs 1 tahun mendapatkan backlink sebesar 1000 pertahunnya. 

Berikut ini saya sampaikan kepada anda mengenai memperbanyak pengunjung di situs/blog kita:

1. Menulis artikel yang banyak dicari pengunjung internet.

Ini poin pertama yang harus anda dan saya perhatikan. Seberapa banyak backlink yang dimiliki sebuah blog bila ia berisi artikel yang yang tidak banyak dicari pengunjung tentu blog tersebut akan tetap sepi.

Jadi sebelum menulis artikel terlebih dahulu melakukan riset kata kunci untuk mengetahui prasa kata kunci yang paling banyak diketik di search engine. Lalu menulis artikel dengan tofik seputar prasa kata kunci tersebut.

2. Bergabung di forum online.

Ada banyak forum online yang mengizinkan kita menulis posting yang memuat link aktif, dan saya lebih suka memilih forum berbahasa Indonesia.

Meskipun ada banyak juga forum yang pada akhirnya menjadi ladang link, tapi setidaknya bergabung di forum dan menerbitkan posting yang berisi link menuju situs ini menjadi salah satu cara efektif mendapatkan backlink.

Kalaulah nanti forum tersebut terkena hukuman Google maka untuk tidak terkena imbasnya mungkin dengan mudah kita bisa menghapus link yang terarah menuju blog kita.

3. Menulis di website orang lain.

Saya pernah satu kali diberi kesempatan menjadi blogger tamu di blog blogodolar.com hampir 1 tahun yang lalu. Tapi, link yang dibuat di blog tersebut tidak menuju blog ini melainkan menuju blog saya yang lain, yang saat ini tidak lagi saya perhatikan, meskipun ia tetap online.

Jadi saya akan dengan suka cita menyambut tawaran kalau anda berkeinginan menampung tulisan saya (bukan copy paste artikel saya). Menulis di blog orang lain juga salah satu cara mendapatkan backlink yang berkualitas, bila ia ditulis di blog yang relevan.

Anda akan dirugikan kalau artikel yang sama yang terbit di blog anda juga ditertbitkan di blog orang lain, bagaimanapun dan dimanapun, meskipun ia memuat link dofollow menuju blog anda.

4. Submit link di banyak website.

Bukannya saya tidak pernah submit link atau artikel sama sekali. Dahulu kala beberapa bulan awal ngeblog saya telah bergabung dengan blogcatalog.com. Jadi artikel saya pernah dan selalu submit di website tersebut.

Saya berhenti bergabung di blogcatalog karena beberapa alasan seperti ia tidak lagi pilihan yang populer dan beberapa artikel saya yang ber URL website tersebut malah lebih bagus peringkatnya dari sumber yang adalah URL blog saya.

Saya juga berpendapat kalau anda mau submit artikel maka jangan anda submit link dengan membuat isinya sama persis dengan isi yang ditulis di blog anda, blog kemana link artikel yang di submit menuju. Contoh: misalnya link artikel ini akan saya submit ke lintas.me, maka saya sebaiknya gunakan judul yang berbeda, dan isi yang berupa kalimat yang tidak sama dengan artikel ini.

Mengapa demikian ?. Tidak lain agar artikel ini tetap benar-benar unik, yang isinya tidak sama dengan URL apapun dan di manapun. Meskipun lintas.me membatasi jumlah karakter yang bisa anda submit untuk setiap link, tetap saja anda jangan gunakan paragraf manapun di blog anda.

Unik-isme itu adalah apa yang paling memberi nilai pada blog dan anda sendiri sebagai penulis.

5. Berkomentar di blog tetangga.

Barangkali anda tidak percaya dan merasa heran kalau saya katakan saya jarang berkomentar di blog orang lain, walaupun ada jumlahnya tidak sampai 20 buah yang link komentar terarah ke blog carabisnisonline.net. Bukan karena saya jarang berkunjung ke blog orang lain, melainkan hanya lebih suka baca artikel mereka tanpa meninggalkan jejak.

Saya lebih banyak menautkan link di komentar saya menuju blog informasibisnis.net dan celakanya karena saya tipe blogger yang masih malu-malu menggunakan anchor teks yang berbeda, khususnya menggunakan prasa kata kunci, maka blog tersebut malah berlebihan menggunakan anchor teks yang sama, menuju URL yang sama pula. Akibatnya ia dihukum turun peringkat. Untuk mengetahui penyebab blog turun peringkat silahkan klik penyebab blog turun peringkat di google.

Jadi saya menyarankan kalau anda mau menebar link di komentar sebaiknya gunakan teks link yang beragam menuju URL yang beragam pula, jangan gunakan anchor teks yang sama untuk URL yang berbeda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Zv-eLite | TipSeoFriendly | Top Five
Copyright © 2011. Tips Buat Blogger - All Rights Reserved
Template Created by Zv-eLite .com Published by Septa Praseya Hanafi
Proudly powered by Blogger