Penyebab Penurunan Situs Dipencarian Google

Sabtu, 14 Desember 20130 komentar

Artikel ini saya tulis karena pengalaman saya sendiri. Umur Situs saya saat menulis artikel ini sudah mencapai satu tahun lamanya, tapi tak kunjung naik malah menurun drastis di peringkat google. itu karena kesalahan saya dalam mengembangkan blog saya ini. Saya tidak fokus ngeblog. kurangnya waktu itu faktor penyebab .Kurang ketelatenan dalam ngebloglah yang menurunkan peringkat situs saya. Disamping faktor faktor yang saya sebutkan diatas Berikut ini penyebab situs anda turun peringkat di hasil pencarian google.

1. Komentar spam.

Tidak sedikit komentar yang diberikan pengujung bernada spam, dan karena itu anda sebaiknya memasang plugin anti komentar spam, atau lebih aman lagi semua komentar harus melalui persetujuan (moderasi) anda terlebih dahulu sebelum ditampilkan di halaman artikel anda.
Beruntungnya, baik blog flatform wordpress maupun blogspot sudah terintegrasi dengan penangkal komentar spam. Sering-sering cek komentar yang terjaring sebagai spam dah segera hapus.

2. Kebanyakan iklan.


Apakah blog anda menampilkan iklan banner atau iklan apa saja di bagian atas konten artikel anda. Berhati-hati karena algoritma google juga tidak menyukai iklan yang terpasang di bagian atas halaman blog anda, apalagi bila jumlahnya berlebihan.

Silahkan anda kalkulasi seberapa besar uang yang dihasilkan oleh iklan yang terpasang di situs anda, khususnya dibagian atas halaman blog anda. Bila hasilnya tidak seberapa silahkan pindahkan iklan tersebut dibagian bawah atau sidebar blog anda.

3. Link internal terlalu banyak.


Coba anda lihat berapa banyak link internal yang ada dihalaman blog anda. Banyak ahli SEO menyarankan agar jumlah link internal di halaman blog tidak lebih dari 100 buah, saya malah menyarankan tidak lebih dari 20 buah. Hendaklah semua link yang ada relevan dengan halaman tersebut dan alami. Prinsipnya lebih sedikit link internal lebih baik.

4. Masalah penjelajahan robot search engine.


Sering-sering periksa performa kesehatan blog anda melalui webmasters tool, boleh jadi robot search engine menemukan banyak halaman situs anda yang tidak ditemukan. Masuk ke akun webmasters tool, kemudian klik judul situs anda, selanjutnya klik menu kesehatan. Periksa pula tautan internal yang menuju halaman yang tidak ditemukan tersebut. Segera hapus link yang menuju halaman yang tidak ditemukan.

Periksa pula kemungkinan adanya broken link di situs anda, mungkin broken link tersebut link yang anda buat menuju halaman di situs orang lain, hapus pula link yang rusak tersebut

5. Duplikat konten.

Duplikat title dan deskripsi meta.
Kembali anda harus lebih sering cek webmasters tool untuk memeriksa kesehatan situs anda, lihat kemungkinan terjadi duplikasi judul artikel anda. Duplikasi mungkin terjadi juga pada deskripsi blog anda.

Login ke akun webmasters tool klik judul blog anda, lalu klik pengoptimalan, selanjutnya klik penyempurnaan HTML. Disana anda bisa melihat apakah ada deskirpsi meta ganda, title tag yang terduplikat. Bila anda menemukan duplikasi deskripsi meta atau duplikasi tag judul, segera perbaiki.

URL kategori dan URL arsip.
Duplikasi lainnya bisa berupa terindexnya URL arsip atau URL kategori. Ini bisa juga anda lihat melalui google webmasters tool, sama dengan poin nomor 5. Untuk mengatasi ini anda bisa gunakan file robot.txt.

Untuk blog blogspot anda bisa menambahkan file robot.txt khusus di menu seting akun blogger yang berupa kode untuk meminta robot google tidak mengindex URL kategori dan URL arsip.

6. Kecepatan loading.

Blog yang lambat loading tentu saja tidak menarik untuk dikunjungi, lebih buruk lagi lambat loading tidak disukai google. Jadi pastikan blog anda loding lebih cepat, karena itu jangan terlalu banyak memuat gambar di halaman blog anda. Temukan blog yang cepat loading dan bandingkan dengan blog anda.

7. Sumber pengunjung dan kata kunci penelusuran.


Blog anda berbahasa Indonesia dan anda menargetkan pengunjung dari Indonesia, namun pengunjung yang datang kebanyakan dari china misalnya, ini menjadi tanda tanya. Barangkali anda perlu manganalisa kejadian ini. Apakah anda memang terkenal di negeri china yang mereka mengerti bahasan Indonesia, ataukah ada sesuatu yang aneh. Mungkin anda perlu mempertimbangkan memblok kunjungan dari negeri bukan target anda.

Kemudian apakah kata kunci penelusuran yang pengunjung gunakan masuk ke blog anda adalah kata kunci yang sesuai dengan konten situs anda. Pernah pengunjung datang ke situs informasibisnis.net melalui kata kunci yang bernada parno, dan itu sangat aneh karena tidak satu pun konten yang saya buat di blog tersebut yang memuat konten yang dimaksud, jadi ada yang tidak beres. Dalam kasus ini mungkin blog saya disusupi orang, karena itu perkuat password akun google anda dan akun online apapun.

8. Malware.

Bila google menemukan malware dalam situs anda maka google akan mengirimkan pesan melalui akun webmasters tool. Google juga akan mengirimkan pesan peringatan terkait dengan kesehatan situs anda secara keseluruhan dan ini perlu anda ambil tindakan perbaikan, jangan diabaikan.

9. Faktor eksternal.


Ada banyak teknik untuk menjatuhkan peringkat situs orang lain dan google tidak bisa mencegahnya, bisa berupa taburan link spam yang mengarah ke situs anda, atau berupa konten blog anda dibajak orang lain.

Konten anda yang dicopy paste juga bisa merusak peringkat hasil pencarian situs anda, karena itu sebaiknya usahakan semaksimal mungkin konten blog anda tidak bisa dicopy paste orang. Konten artikel anda yang dicopy paste walaupun satu paragraf dan mereka menyertakan link lanjutan menuju artikel anda seringkali merusak peringkat artikel anda. Ini pernah terjadi pada blog saya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Zv-eLite | TipSeoFriendly | Top Five
Copyright © 2011. Tips Buat Blogger - All Rights Reserved
Template Created by Zv-eLite .com Published by Septa Praseya Hanafi
Proudly powered by Blogger